Prinsip- Prinsip Menggambar
Prinsip -prinsip menggambar di bagi menjadi :
1. Proporsi
2. Komposisi
3. Perspektif
4. Gelap Terang
1.PROPORSI
Proporsi adalah suatu kesebandingan, keseimbangan dan kesesuaian bentuk antara bagian satu dengan bagian lainnya pada objek gambar. Dengan menerapkan proporsi yang tepat, bentuk gambar akan terlihat wajar.Sebaliknya, penerapan proporsi yang kurang tepat membuat gambar terkesan janggal. Secara sederhana dapat dilihat pada contoh gambar sebagai berikut.
2.KOMPOSISI
Gambar yang menarik selalu memiliki tata susunan yang baik menyangkut keseimbangan, kesatuan, irama dan keselarasan. Dengan demikian akan menghasilkan penggambaran bentuk yang seimbang, menyatu, berirama dan selaras. Tata susunan dalam pembentukan objek gambar inilah yang dinamakan komposisi. Kaidah komposisi ini juga menjadi dasar dalam seni rupa secara umum, yang penerapannya disesuaikan dalam bidang masing-masing.Misalnya dalam desain visual, desain produk, interior, dan lain-lain.
a. Keseimbangan ( balance)
Keseimbangan adalah kesamaan bobot antara unsur-unsur yang terdapat pada objek gambar, sehingga tidak terkesan berat sebelah atau timpang. Keseimbangan dapat diperoleh memalui beberapa cara,baik secara simetris maupun asimetris. Berikut contoh gambar dengan keseimbangan simetris dan asimetris. Keseimbangan simetris adalah benda atau model yang menjadi objek gambar diletakkan pada posisi seimbang antara sebelah kiri dan sebelah kanan. sedangkan Keseimbangan asimetris adalah benda diletakkan dalam posisi tidak sama baik dalam posisi maupun ukurannya.
Contoh gambar:
keseimbangan simetris
keseimbangan asimetris
Contoh gambar:
keseimbangan simetris
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_ZLAVgnCNBwCDF4Cbv4mnIzWMOvXU6LTklsks-XT5Nbc59RdRhthCVssSlXofyH96QQ3YWtdafIfW4u9qnDewDnt6m6kfoI6nBksgcJLXgAiiSsx2SADGrRfKAxftgGco-3f4s5-SYwRx/s1600/contoh-menggambar-model-benda1.jpg
keseimbangan asimetris
https://quizizz.com/media/resource/gs/quizizz-media/quizzes/fe522712-3b7c-4404-b85b-6d481d422ed3?w=200&h=200
b. Kesatuan ( unity)
Kesatuan artinya keterpaduan antara unsur-unsur yang terdapat dalam gambar. Koposisi gambar yang baik adalah yang menyatupadu sehingga tidak terkesan bercerai berai atau berantakan.
Kesatuan artinya keterpaduan antara unsur-unsur yang terdapat dalam gambar. Koposisi gambar yang baik adalah yang menyatupadu sehingga tidak terkesan bercerai berai atau berantakan.
c. Irama ( rhytme)
Irama pada gambar artiya pengulanag satu atau beberapa unsur secara teratur dan berkelanjutan.
Irama pada gambar artiya pengulanag satu atau beberapa unsur secara teratur dan berkelanjutan.
d. Keselarasan ( harmony)
Keselaran adalah kesesuaian antara bagian satu dengan bagian lain dalam bojek gambar. Dengan demikian gambar yang dihasilkan tampak harmonis dan tidak bertentangan antara bagian satu dengan yang lain.
Keselaran adalah kesesuaian antara bagian satu dengan bagian lain dalam bojek gambar. Dengan demikian gambar yang dihasilkan tampak harmonis dan tidak bertentangan antara bagian satu dengan yang lain.
3. PERSPEKTIF
Perspektif adalah penggambaran objek berdasar kesan pandangan mata atau sudut pandang mata. Umumnya teknik perspektif ini digunakan untuk menggambar objek benda, ruangan, lingkungan yang ukurannya lebih besar dari manusia. terdapat dua patokan menggambar perspektif, yaitu garis horizon dan titik hilang.
Garis horizon adalah garis khayal mata , atau menentuka letak mata kita. Titikhilang adalah titik lenyapnya objek dari jangkauan pendangan mata.Titik hilang tersebut berada di dalam garis horizon.
Gambar dengan titik perspektif terdiri dari atas perspektif 1 titik hilang, perspektif 2 titik hilang, dan perspektif 3 titik hilang. Ketiga jenis gambar perspektif tersebut bisa dibuat dalam tiga pilihan sudut pandang berdasarkan posisi mata kita berada, yaitu sudut pandang mata burung ( bird eyes), sudut pandang normal ( mata manusia), dan sudut pandang mata kucing.
Pespektif sudut pandang mata burung, artinya mata kita seolah berada berada diketinggian tertentu dan melihat objek di bawah. Sudut pandang mata normal, artinya diri kita seolah berdiri normal melihat objek lurus kedepan. sedangkan dinamakan sudut mata kucing karena diri kita seolah tiarap atau setinggi pandangan kucing.
Pada persepektif sudut pandang mata burung, bidang gambar berada di bawah garis horizon. Perspektif sudut pandang normal letak garis horizon berada di tengah-tengah objek gambar. Sedangkan pada perspektif sudut pandang mata kucing, letak garis horizon berada di bagian bawah bidang gambar. Gambar perspektif bisa berupa objek dalam ruangan ( indoor) atau luar ruang ( outdoor). Untuk lebih jelasnya, berikut sketsa gambar dengan teknik perspektif.
a. Perspektif 1 Titik Hilang
Menggambar perspektif dimulai dengan menarik garis horizon, meletakkan titik hilang di dalam garis horizon, dan membuat atau memperkirakan garis batas bidang gambar. Titik hilang tersebut bisa diletakkan di luar bidang gambar. Setelah tahapan tersebut, mulailah menggambar objek yang beraal dari beberapa bagun dasar ( berpatokan pada alur garis yang berasal dari titik hilang).
Perspektif adalah penggambaran objek berdasar kesan pandangan mata atau sudut pandang mata. Umumnya teknik perspektif ini digunakan untuk menggambar objek benda, ruangan, lingkungan yang ukurannya lebih besar dari manusia. terdapat dua patokan menggambar perspektif, yaitu garis horizon dan titik hilang.
Garis horizon adalah garis khayal mata , atau menentuka letak mata kita. Titikhilang adalah titik lenyapnya objek dari jangkauan pendangan mata.Titik hilang tersebut berada di dalam garis horizon.
Gambar dengan titik perspektif terdiri dari atas perspektif 1 titik hilang, perspektif 2 titik hilang, dan perspektif 3 titik hilang. Ketiga jenis gambar perspektif tersebut bisa dibuat dalam tiga pilihan sudut pandang berdasarkan posisi mata kita berada, yaitu sudut pandang mata burung ( bird eyes), sudut pandang normal ( mata manusia), dan sudut pandang mata kucing.
Pespektif sudut pandang mata burung, artinya mata kita seolah berada berada diketinggian tertentu dan melihat objek di bawah. Sudut pandang mata normal, artinya diri kita seolah berdiri normal melihat objek lurus kedepan. sedangkan dinamakan sudut mata kucing karena diri kita seolah tiarap atau setinggi pandangan kucing.
Pada persepektif sudut pandang mata burung, bidang gambar berada di bawah garis horizon. Perspektif sudut pandang normal letak garis horizon berada di tengah-tengah objek gambar. Sedangkan pada perspektif sudut pandang mata kucing, letak garis horizon berada di bagian bawah bidang gambar. Gambar perspektif bisa berupa objek dalam ruangan ( indoor) atau luar ruang ( outdoor). Untuk lebih jelasnya, berikut sketsa gambar dengan teknik perspektif.
a. Perspektif 1 Titik Hilang
Menggambar perspektif dimulai dengan menarik garis horizon, meletakkan titik hilang di dalam garis horizon, dan membuat atau memperkirakan garis batas bidang gambar. Titik hilang tersebut bisa diletakkan di luar bidang gambar. Setelah tahapan tersebut, mulailah menggambar objek yang beraal dari beberapa bagun dasar ( berpatokan pada alur garis yang berasal dari titik hilang).
sumber :https://www.tneutron.net/blogs/menggambar-perspektif/sumber :https://intiptrik.com/teknik-teknik-menggambar-perspektif-interior-untuk-mengkonsep-hotel/
b. Perspektif 2 Titik Hilang
Jika perspektif 1 titik hilang di garis horizonnya terdapat satu titik fokus, maka pada perspektif 2 titik hilang di garis horizonnya terdapat 2 titik fokus. Kedua titik hilang sebaiknya di letakkan dalam jarak yang ideal, agar gambar terlihat wajar dan tidak mengalami distorsi berlebihan.
Perspektif 3 titik hilang ideal untuk menggambarkan objek di luar ruangan ( outdoor) yang sangat luas, besar, dan tinggi. Umumnya dibuat dari sudut pandang udara ( mata burung ), namun bisa juga degan sudut mata kucing. Sebagai mana pada titik perspektif 2 titik hilang, agar tidak terjadi distorsi gambar yang berlebihan, perlu di pertimbangkan ketika menentukan jarak antara ketiga titik hilang.
4. GELAP TERANG
Istilah gelap terang mengarah pada bayangan, sedangkan terang mengarah kepada cahaya. Dengan demikian gelap terang adalah pemberian efek bayangan dan pencahayaan secara tepat. Pemberian gelap terang bertujuan memperjelas bentuk benda sehingga bisa terasa wujud dan dimensinya. Misalnya, bidang segitiga akan tampak sebagai limas setelah diberi efek bayangan. Cahaya yang menerpa kesalah satu sisi benda akan menimbulkan bayangan di sisi yang lain ( sisi berlaanan). Cahaya yang jatuh ke satu benda bisa secara langsung atau tidak langsung Dengan demikian efek bayangan yang ditimbulkan pun juga akan berbeda.
Izin promo ya Admin^^
ReplyDeleteBosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa x-)
- Telkomsel
- GOPAY
- Link AJA
- OVO
- DANA
segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)