Sunday, September 13, 2020

PENGERTIAN DAN FUNGSI PATUNG

SENI PATUNG 


sumber gambar: https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/patung-tertinggi-di-indonesia

1. PENGERTIAN PATUNG 

Menurut   Wikipedia Indonesia. 

Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni.

Pengertian Seni Patung berdasarkan Makna Kata

Dalam KBBI, patung berarti tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat (dipahat dan sebagainya) dari batu, kayu, dan sebagainya.

Meskipun banyak patung yang menirukan manusia atau hewan, kenyataannya tidak semua patung menirukan alam. Misalnya terdapat patung-patung yang berbentuk abstrak geometris juga, seperti yang akan dijelaskan dibawah ini.

Patung dalam bahasa inggris disebut dengan Sculpture¸ di  oxford dictionary disebutkan bahwa patung adalah seni untuk membuat tiruan dua/tiga dimensi atau bentuk abstrak, dengan cara memahat batu, kayu atau mencetak logam dan plastik.

Pengertian Seni Patung menurut para Ahli

Mikke Susanto

Seni patung adalah sebuah tipe karya tiga dimensi yang bentuknya dibuat dengan metode subtraktif (mengurangi bahan seperti memotong, menatah) atau aditif (membuat model lebih dulu seperti mengecor dan mencetak) (Susanto, 2011: 296).

Soenarso dan Soeroto

Seni Patung adalah semua karya dalam bentuk meruang. Menurut Kamus Besar Indonesia adalah benda tiruan, bentuk manusia dan hewan yang cara pembuatannya dengan dipahat  (Soenarso dan Soeroto, 1996: 6).

B.S Mayers

Seni patung adalah karya tiga dimensi yang tidak terikat pada latar belakang apa pun atau bidang manapun pada suatu bangunan. Karya ini diamati dengan cara mengelilinginya, sehingga harus nampak mempesona atau terasa mempunyai makna pada semua 6 seginya (Mayers, 1958: 131-132).

Mayers (1969: 351) menambahkan bahwa seni patung berdiri sendiri dan memang benar-benar berbentuk tiga dimensi sehingga dari segi manapun kita melihatnya, kita akan dihadapkan kepada bentuk yang bermakna.

Pengertian Seni Patung Secara Umum

Seni patung adalah karya seni rupa yang diciptakan dengan membentuk bahan bervolume yang dapat berupa tanah liat, kayu, batu, logam dan bahan lainnya dengan cara substraktif yang berarti mengurangi bahan seperti dipahat, dipotong, dicukil atau dengan cara aditif, yang berarti menambahkan bahan seperti mengecor dan mencetak.

2. FUNGSI PATUNG 

Fungsi Seni Patung

Beberapa fungsi seni patung adalah sebagai berikut:

Patung Dekorasi. Berfungsi untuk memperindah suatu ruangan atau lingkungan eksterior.

sumber gambar :http://erlangga-hk.blogspot.com/2015/12/seni-patung-berdasarkan-fungsinya.html

Patung Monumen, Dibuat untuk mengenang jasa tokoh atau kelompok tertentu, seperti sosok pahlawan suatu negara atau memperingati peristiwa bersejarah.

sumber gambar :https://tpc.googlesyndication.com/sadbundle/1427857149703133411/300-600.jpg


Patung Kerajinan. Merupakan patung yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar, sehingga dapat diminati untuk dibeli berdasarkan berbagai kebutuhan umum yang tidak spesifik.
sumber : https://indonesian.alibaba.com/product-detail/natural-resin-custom-statue-crafts-resin-goldfish-for-home-decoration-60651968156.html


Patung Arsitektur, dibuat untuk menunjang atau melengkapi kontruksi suatu bangunan sehingga lebih terpadu dan harmonis dengan desain arsitektur yang telah dirancang.
sumber : https://pixnio.com/art/sculptures/architecture-sculpture-church-gothic-religion-art-cathedral-statue

Patung Seni (fineart). Patung seni atau seni murni dibuat hanya untuk kepentingan estetis dan dapat menjadi sangat eskperimental bentuknya (seni tidak selalu indah).
sumber :https://indonesian.alibaba.com/product-detail/modern-style-love-theme-abstract-bronze-art-sculpture-man-and-woman-face-and-head-statues-60825853488.html


Patung Religi. Bagi beberapa agama dan kepercayaan patung memiliki unsur dan makna religius dan digunakan sebagai sarana beribadah.
sumber :https://inisuaraitu.blogspot.com/2018/11/10-patung-religius-paling-terkenal-di.html

sumber refrensi 

https://serupa.id/seni-patung/ oleh Fundamental Seni,Teori Seni

https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/patung-tertinggi-di-indonesia

https://id.wikipedia.org/wiki/Patung

No comments:

Post a Comment

JENIS-JENIS LUKISAN BERDASARKAN ALAT DAN BAHAN

Lukisan Cat Air ( Aquarel)  Bahan yang digunakan dalam teknik ini adalah cat air berbentuk pasta yang dicampur dengan air.  Teknik Aquarel a...